thumbnail

Arzeti Menghadiri Acara Pelatihan Budidaya Magot Untuk Pakan Ikan

10 Maret 2019 : 16:12:42

Arzeti Bilbina yang merupakan Anggota DPR-RI Komisi X, memberikan sambutan di acara "Pelatihan Budidaya Magot Dengan Menggunakan Sampah Organik". Sabtu (09/03/2019).

Dalam sambutannya Arzeti sangat mendukung program ini, "Selain bisa menjadi edukasi bagi para peserta, acara ini bisa mereduksi sampah yang selama ini masih menjadi masalah kita" kata Arzeti.

Kampanye untuk memanfaatkan magot sebagai pakan ikan merupakan sebuah perjalanan panjang yang cukup sulit, mengingat selama ini masyarakat beranggapan bahwa semua jenis larva serangga dikatergorikan sebagai belatung, yang memiliki image negatif, kotor dan menjijikan.

Merubah pandangan masyarakat bukanlah hal mudah, membutuhkan waktu, bahasa dan bukti yang cukup sehingga bisa diterima (acceptable). Saat ini magot sudah diterima oleh masyarakat Indonesia dan dunia secara umum, kultur murni magot dalam ruang terkontrol tentu menjadi faktor utama merubah image terhadap magot. Produksi magot secara masal oleh pihak swasta sangat diharapkan sehingga tekhnologi ini dapat menggelinding lebih cepat dan tepat guna.

Melalui kegiatan difusi produk inovasi litbang ini diharapkan diperoleh hasil sebagai berikut:
1.    Terciptanya peluang usaha baru yaitu pengolahan sampah organik menjadi pakan ikan.
2.    Menghidupkan kembali kegiatan perikanan budidaya, dengan ditemukan pakan ikan alternatif
3.    Mengedukasi masyarakat untuk dapat memilah sampah sehingga dapat dikelola secara mandiri

RELATED POSTS