thumbnail

Arzeti Tanamkan Seni dan Budaya ke Anak

02 Oktober 2018 : 00:53:45

Arzeti Bilbina sudah menanamkan rasa cinta seni kepada anaknya, Gendis Setiawan. Hal itu dilakukan Arzeti dengan memanggil guru menari untuk mengajarkan anaknya secara privat sejak beberapa waktu yang lalu. Penanaman seni dan budaya ke anak bagi Arzeti merupakan sesuatu yang penting untuk membentuk karakter anak.

Perempuan yang sering menjadi pemateri itu memiliki alasan khusus sehingga memberikan pelajaran kesenian kepada si kecil sejak usia dini. Menurut ia, belajar kesenian bertujuan agar sang buah hati bisa mencintai sekaligus menghargai budaya leluhur tanah air.

“Iya nari itu untuk usia berapa pun, biar dia tuh cinta dengan tarian tradisional, makanya aku bilang Mba Nunung (pelatih menari) ‘aku pengin dong Gendis untuk awal-awal privat dulu biar bisa (menari)’, karena postur tubuh untuk penari Jawa berbeda dengan tarian lain,” kata Arzeti Bilbina sebagaimana dihimpun dari www.wowchannelz.com.

Dalam kesempatan tersebut, lanjut Arzeti, dia ingin putrinya bisa mahir menari tarian Jawa. Tarian Jawa sendiri punya gaya serta ciri khas tersendiri dibandingkan dengan tarian-tarian tradisional lainnya dari berbagai kota di Indonesia.

Tarian Jawa itu berbeda banget dengan tarian lain pada dasarnya, lebih berat dari nge-gym juga sih makanya aku berikan les privat untuk anakku,” tuturnya menambahkan.

Arzeti juga ingin menerapkan hal yang sama kepada putra bungsunya, Dimas Aryo Baskoro Rahadi Setiawan. Kata ia, memberikan les khusus kepada putranya karena menari juga seperti berolahraga. Karena keduanya sama-sama mengeluarkan keringat.

“Dulu waktu kecil, pasti nari ya hehe, nari macem-macem. Waktu SD, terus waktu jadi model juga kan ada gerakan-gerakan tarian juga, nari itu sama kaya olahraga sih kalau aku bilang,” ungkapnya.

Arzeti tidak bisa dipisahkan dari dunia seni. Dia pernah memerankan Ratu Kidul untuk pementasan Ketoprak Tari bertajuk ‘Aryo Penangsang’, yang diselenggarakan di Teater Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Pementasan pagelaran Ketoprak Tari Aryo Penangsang bertujuan untuk melestariakan seni budaya Indonesia, menguatkan jati diri bangsa Indonesia melalui seni budaya serta memupuk tali silaturahmi antar SMA se-Jakarta. Antara lain, Alumni SMA 6, SMA 70, SMA Tarakanita, SMA Pangudi Luhur, SMA 3, SMA 4 dan masih banyak lagi. (*)

RELATED POSTS